Wawansari, Erna (2019) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Laboratorium RSUD Umbu Rara Meha Waingapu. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.
Text
erna pdf 2.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan adalah menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien, makin sempurna kepuasan maka makin baik mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kepuasan pasien di Laboratorium RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Kabupaten Sumba Timur dengan menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (Reliability), ketanggapan (Responsivenes), jaminan (Assurance), perhatian (Empati), wujud/tampilan (Tangible). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan cara pengisian kuesoner oleh pasien yang menjadi responden dan jumlah responden yang mengisi kuesoner sebanyak 375 orang, dengan jumlah laki-laki 170 orang dan perempuan 205 orang. Umur responden yang termuda adalah 17 tahun dan yang tertua adalah 81 tahun. Responden yang merupakan peserta Jaminan Kesehatan 66,7%, Umum 33,3%. Pendidikan responden yang paling tinggi Perguruan Tinggi sebesar 22,9% dan paling banyak responden yang berpendidikan SMA sebesar 58,7%. Kepuasan responden terhadap 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan (Reliability) sebanyak 98,8%, dimensi ketanggapan (Responsiveness) sebanyak 99,5%, dimensi jaminan (Assurance) sebanyak 99,4%, dimensi perhatian (Empati) sebanyak 99,9%, dimensi wujud/tampilan (Tangible) sebanyak 99,6%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Perhatian, Wujud |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Analis Kesehatan Jurusan Analis Kesehatan Jurusan Analis Kesehatan |
Depositing User: | Mrs. Yosefina Kalasansia Watu |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 05:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 05:12 |
URI: | http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/1150 |
Actions (login required)
View Item |