Chatima Paoh, Chusnul (2018) Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rumah Sakit Umum Daerah So’e Kabupaten Timor Tengah Selatan. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.
Text
CHUSNUL CHATIMA PAOH.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kepuasan adalah suatu ungkapan atau perasaan yang diterapkan dengan cara menilai atau membandingkan hasil pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapannya. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya, sedangkan ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya tidak sesuai dengan harapannya. Unsur-unsur yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan adalah unsur ketanggapan (responsivenes), kehandalan (reliability), keyakinan (assurance), empati (emphaty), dan fasilitas (facillities). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap 5 dimensi kualitas pelayanan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Cara pengambilan sampel secara purposive sampling dengan kriteria keluarga pasien atau pasien yang menggunakan BPJS di rumah sakit umum daerah So’E, dapat berkomunikasi dengan baik, menggunakan bahasa Indonesia, bersedia diwawancara, dan berumur 14 tahun keatas dengan ketentuan 15-20 tahun, 21-30 tahun,31-40 tahun,50 tahun keatas.Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan pasien terhadap indikator kehandalan sebesar 82,19% memberikan nilai sangat puas, indikator ketanggapan sebesar 95,09% memberikan nilai sangat puas, indikator kemampuan sebesar 92,34% memberikan nilai sangat puas, indikator empati sebesar 93,90% memberikan nilai sangat puas, dan indikator fasilitas sebesar 88,88% memberikan nilai sangat puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pasien, Apotek, Pelayanan, Kefarmasian |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Jurusan Farmasi Jurusan Farmasi |
Depositing User: | Mrs. Florentina Lamanele |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 06:33 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:57 |
URI: | http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/211 |
Actions (login required)
View Item |