Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr.W.Z. Johannes Kupang

Y. Setyaningsih, Irene (2018) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr.W.Z. Johannes Kupang. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.

[img] Text
Irene Setyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Pelayanan kesehatan yang dilakukan harus mengutamakan kebutuhan dan kepuasan pasien. Unsur-unsur yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien adalah unsur penampilan, empati, kehandalan, ketanggapan dan keyakinan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan dari pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Rumah Sakit Umum Daerah Prof. DR. W.Z. Johannes Kupang. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan lembar kuesioner sebagai instrumen penelitian kemudian diberi nilai berupa angka pada jawaban pertanyaan untuk memperoleh data kuantitatif dimana urutan pemberian skor berdasarkan tingkat jawaban yang diterima dari responden. Kemudian dilakukan pengumpulan data atas jawaban-jawaban dan dijumlahkan serta disajikan dalam bentuk tabel. Pengukuran tingkat kepuasan dilakukan dengan cara menghitung presentase masing-masing indikator pertanyaan dengan menggunakan rumus dan hasilnya disesuaikan dengan range skala tingkat kepuasan pasien. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap 150 responden maka dapat disimpulkan, tingkat kepuasan pasien terhadap indikator penampilan 71%, unsur empati 72%, unsur kehandalan 70%, unsur ketanggapan 72%, unsur kepastian 74%, sehingga rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Rumah Sakit Umum Daerah Prof. DR. W.Z. Johannes Kupang pada periode Juli 2018 secara keseluruhan sebesar 72% dengan klasifikasi puas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, apotek rumah sakit, unsur kepuasan, pasien rawat jalan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan Farmasi
Jurusan Farmasi
Depositing User: Mrs. Florentina Lamanele
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:42
Last Modified: 11 Jan 2023 00:39
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item