Andriani, Lusy (2018) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Alak Kota Kupang. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.
Text
Lusy Andriani.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seorang pasien yang muncul setelah membandingkan antara kesannya terhadap hasil dan harapan-harapannya. Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap variabel kehandalan (reliability), ketanggapan (responsivenes), keyakinan (assurance), empati (emphaty), dan penampilan (tangible) dari pelayanan kefarmasian pada Puskesmas Alak Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner sebagai instrumen penelitian kemudian dihitung persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien dan diklasifikasikan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap 88 responden maka diperoleh simpulan, tingkat kepuasan pasien terhadap variabel jaminan 84%, variabel empati 84%, variabel ketanggapan 82%, dimensi penampilan 80% dan variabel keha ndalan 79%. Sehingga rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Alak 2018 secara keseluruhan sebesar 82%dengan klasifikasi kepuasan adalah sangat puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Jurusan Farmasi Jurusan Farmasi |
Depositing User: | Mrs. Florentina Lamanele |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 02:44 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:52 |
URI: | http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/251 |
Actions (login required)
View Item |