Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tentara Wirasakti Kupang

Renata Dhiu, Maria (2018) Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tentara Wirasakti Kupang. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.

[img] Text
Maria Renata Dhiu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan adalah suatu ungkapan atau perasaan yang diterapkan dengan cara menilai atau membandingkan hasil pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapannya. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya, sedangkan ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya tidak sesuai dengan harapannya. Unsur-unsur yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan adalah unsur ketanggapan (responsivenes), kehandalan (reliability), keyakinan (assurance), empati (emphaty), dan fasilitas (facillities). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap 5 dimensi kualitas pelayanan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Cara pengambilan sampel secara purposive sampling dengan kriteria keluarga pasien atau pasien yang menggunakan BPJS di rumah sakit umum tentara wirasakti kupang, dapat berkomunikasi dengan baik, menggunakan bahasa Indonesia, bersedia diwawancara, dan berumur 14 tahun keatas dengan ketentuan 15-20 tahun, 21-30 tahun,31-40 tahun,50 tahun keatas.Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan pasien terhadap indikator kehandalan sebesar 81% memberikan nilai sangat puas, indikator ketanggapan sebesar 80,22% memberikan nilai puas, indikator kemampuan sebesar 84% memberikan nilai sangat puas, indikator empati sebesar 86,43% memberikan nilai sangat puas, dan indikator fasilitas sebesar 81% memberikan nilai sangat puas. Sehingga persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan secara keseluruhan adalah 82,5% yakni sangat puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, IFRS Wirasakti Kupang
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan Farmasi
Jurusan Farmasi
Depositing User: Mrs. Florentina Lamanele
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:45
Last Modified: 10 Jan 2023 08:51
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item