Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oepoi Kota Kupang

Santriatsi Bupu, Maria (2018) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.

[img] Text
Maria Santriasti Bupu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian menurut peraturan pemerintah RI No. 51 tahun 2009 adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggungjawab pada pasien yang berhubungan dengan sediaan farmasi. Kepuasan pelanggan dalam kaitannya dengan pelayanan kefarmasian dapat diukur berdasarkan lima dimensi yaitu reliability (kehandalan) responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati), tangible (penampilan). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan dimensi kehandalan, tanggapan, jaminan, empati, dan penampilan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas Oepoi kota kupang. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh bahwa jumlah pasien yang berjenis kelamin perempuan lebih banyak. Hal ini dikarenakan perempuan lebih peduli akan kesehatan. Hasil penelitian jumlah kunjungan pasien berdasarkan umur yang paling banyak berkunjung adalah 17-26 tahun yang terendah adalah >60 tahun. Hal ini dikarenakan pasien yang berumur 17-26 tahun lebih peduli akan pola hidup sehat, sedangkan pasien >60 tahun lebih sedikit. Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Oepoi Kota Kupang menunjukan bahwa presepsi tingkat kepuasan terbesar pada dimensi jaminan (79,90), dimensi empati (72,46), dimensi ketanggapan (71,35), selanjutnya dimensi kehandalan (71), dan yang terakhir dimensi penampilan (69,92). Sehingga presentase rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Oepoi Kota Kupang secara keseluruhan sebesar (72,93) dengan klasifikasi Puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan Farmasi
Jurusan Farmasi
Depositing User: Mrs. Florentina Lamanele
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:45
Last Modified: 11 Jan 2023 00:22
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item