Laporan Hasil Penelitian Pengaruh Prestasi Belajar Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Kompetensi Perawat Vokasional Dari Lulusan Program Khusus D-Iii Keperawatan Politeknik Kemenkes Kupang Tahun 2010

Rogaleli, Yuanita Klara and Gero, Sabina (2021) Laporan Hasil Penelitian Pengaruh Prestasi Belajar Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Kompetensi Perawat Vokasional Dari Lulusan Program Khusus D-Iii Keperawatan Politeknik Kemenkes Kupang Tahun 2010. Technical Report. Poltekkes Kemenkes Kupang, Kupang.

[img] Text
20_4-Sabina3.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pendahuluan. Penelitian ini dilakukan terhadap lulusan Program Khusus oleh karena adanya Standar Kompetensi Perawat Indonesia yang dikeluarkan PPNI tahun 2010, sementara diketahui bahwa kurikulum Program Khusus D3 Keperawatan dikeluarkan tahun 2003, sebelum diberlakukan kurikulum berbasis kompetensi untuk Diploma III Keperawatan ( Kurikulum KBK tahun 2006 ). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah “adakah hubungan antara prestasi belajar dengan tingkat pengetahuan tentang kompetensi perawat vokasional dari lulusan D-III Keperawatan Program Khusus Poltekkes Kemenkes Kupang?”. Tinjauan Pustaka melihat pada kurikulum berbasis kompetensi yang dikeluarkan Kemenkes Pendidikan Nasional dan Kurikulum Progsus D III Keperawatan. Metodologi. Merupakan penelitian kuantitativ, deskripsi dengan metode survey. Populasinya 220 lulusan Progsus dari kabupaten TTS, Manggarai, Alor, Bajawa dan Larantuka. Sampelnya diambil 9 orang dari setiap Progsus, sehingga sampel berjumlah §5 orang. Analisa menggunakan uji hipotesis dengan tehnik statistic korelasi dan regresi linear. Hasil Penelitian dan kesimpulan. Rata-rata prestasi belajar dari lulusan Program Khusus Diploma III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang sangat memuaskan dengan rata-rata IPK 3,12 (std. dev. 0,18). Ada 48,3 % dari lulusan Program Khusus Diploma III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang memiliki tingkat pengetahuan tentang kompetensi perawat vokasional (Ranah I, II dan Ill) cukup tinggi. Ada hubungan yang sangat rendah (r = 0,151) antara prestasi belajar dalam mata kuliah Etika keperawatan, KDM I, dan KDM II dengan tingkat pengetahuan tentang kompetensi perawat vokasional ranah 1 dari lulusan Program Khusus Diploma III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang. Ada hubungan yang cukup kuat (r = 0,461) antara prestasi belajar dalam mata kuliah Keperawatan Jiwa II, Komunikasi Keperawatan, Manajemen Keperawatan, Keperawatan Medikal Bedah II, Keperawatan Medikal Bedah IV, Keperawatan Medikal Bedah V, Keperawatan Anak II, Maternitas II, Keper. Komunitas / Keper. Keluarga II, Keper. Komunitas / Keper. Keluarga III, Keperawatan Gerontik II, Keperawatan Gawat Darurat, Pendidikan Kesehatan dengan tingkat pengetahuan tentang kompetensi perawat vokasional ranah 2 dari lulusan Program Khusus Diploma III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang. Ada hubungan yang cukup kuat (r = 0,405) antara prestasi belajar dalam mata kuliah Keperawatan Profesional dan Konsep dasar keperawatan dengan tingkat pengetahuan tentang kompetensi perawat vokasional ranah 3 dari lulusan Program Khusus Diploma III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Kompetensi, Standar Kompetensi Perawat Vokasional
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Mrs. Yosefina Kalasansia Watu
Date Deposited: 31 Mar 2021 08:26
Last Modified: 31 Mar 2021 08:26
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item