Peningkatan Pengetahuan Vitamin Dan Mineral Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Edukasi Puzzle Games

Reba, Khatarina Veron (2021) Peningkatan Pengetahuan Vitamin Dan Mineral Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Edukasi Puzzle Games. Diploma thesis, Poltekes Kemenkes Kupang.

[img] Text
KTI Khatarina Veron Reba.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup agar membantu dalam proses pengaturan, pertumbuhan, dan perbaikan fungsi tubuh manusia,akan tetapi masih banyak masyarakat di Indonesia yang mengalami gangguan akibat kekurangan vitamin dan mineral seperti Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY),Kurang Vitamin A (KVA), anemia besi, dan defisiensi zinc.Hal ini menandakan banyak masyarakat yang kurang peduli akan pentinggnya vitamin dan mineral bagi tubuh.Oleh karena itu, diberikan edukasi pengenalan vitamin dan mineral kepada siswa Sekolah Dasar menggunakan media edukasi puzzle games untuk menanamkan pola hidup sehat sejak dini. Digunakan media edukasi puzzle games karena dapat menarik minat siswa dalam menerima materi sehingga dapat meningkatkan pengetahuan siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang membahas peningkatan pengetahuan vitamin dan mineral siswa Sekolah Dasar menggunakan media edukasi puzzle games dilihat dari ketertarikan siswa Sekolah Dasar terhadap cara bermain, warna, gambar, dan jenis tulisan media edukasi puzzle games. Beberapa hasil penelitian menunjukan rata-rata siswa Sekolah Dasar tertarik dengan cara bermain, warna, gambar, dan jenis tulisan media edukasi puzzle games masing-masing adalah 92,87%, 89%, 89%, dan 93,5%, sehingga ketertarikan siswa Sekolah Dasar terhadap media edukasi puzzle games masuk dalam kategori sangat menarik. Beberapa penelitian menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan siswa Sekolah Dasar yang diberikan edukasi menggunakan media puzzle games. Range pengetahuan siswa sebelum diberikan edukasi dengan media puzzle games yaitu 61,1-61,64% dan setelah diberikan edukasi dengan media puzzle games, range pengetahuan siswa meningkat menjadi 78,9- 84,65% dengan range peningkatan pengetahuan 17,8-23,01%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pengetahuan, puzzle games, siswa Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan Farmasi
Jurusan Farmasi
Depositing User: Mrs Ona Lamanele
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:10
Last Modified: 16 Apr 2021 02:10
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item