Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah S. K. Lerik Kota Kupang

Kajo, Maria Hildegardis (2021) Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah S. K. Lerik Kota Kupang. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.

[img] Text
KTI MARIA HILDEGARDIS KAJO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)

Abstract

Kepuasan adalah suatu ungkapan perasaan yang diterapkan dengan cara menilai atau membandingkan hasil pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Kota Kupang.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Penelitian kepustakaan adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelitian terhadap buku-buku, literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan.Hasil kesimpulan dari 5 literatur jurnal persentase hasil tingkat kepuasan yang tertinggi dan terendah yaitu hasil analisis kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan instalasi farmasi rumah sakit UNS dengan tingkat kepuasan BPJS rawat jalan pada tiap dimensi mutu sudah masuk dalam kategori sangat puas (>90%), gambaran tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di unit Instalasi Farmasi rawat jalan Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun pada tiap dimensi mutu masuk dalam kategori puas (69%). Disarankan untuk petugas IFRS UNS sebaiknya memperbaiki kecepatan dan ketepatan pelayanan resep, menyampaikan waktu tunggu, memberikan nomor antrian, memberikan informasi tentang nama dan khasiat obat, serta memberikan informasi efek samping obat kepada pasien. Disarankan untuk pihak rumah sakit Islam Siti Aisyah Madiun untuk perlu dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan agar dapat lebih memuaskan pasien karena tingkat kepuasan dinyatakan oleh responden merupakan suatu pernyataan yang bersifat relatif dan belum mencerminkan pencapaian standar kualifikasi pelayanan dapat selalu berubah-ubah setiap saat sehingga harus disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien BPJS, Pelayanan Kefarmasian
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan Farmasi > Farmasi
Jurusan Farmasi > Farmasi
Farmasi
Depositing User: Mrs Ona Lamanele
Date Deposited: 07 Jun 2021 08:15
Last Modified: 07 Jun 2021 08:16
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item View Item