Gambaran Perkembangan Anak Stunting Usia 1-5 Tahun Di Desa Buraen

Yasintha Thon, PO.5303201201065 (2023) Gambaran Perkembangan Anak Stunting Usia 1-5 Tahun Di Desa Buraen. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.

[img] Text
TA.Yasintha Thon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh asupan makanan yang tidak memadai dalam jangka waktu yang lama karena nutrisi tubuh yang tidak mencukupi. Stunting terjadi dimulai saat janin masih dalam kandungan dan baru terlihat dampaknya saat anak berusia dua tahun. Menurut Kementerian Kesehatan Stunting adalah suatu keadaan dimana tinggi badan menurut umur (TB/U) berada di bawah minus 2 Standar Deviasi (<2 SD ) dari standar WHO. Tujuan : Mengetahui gambaran perkembangan anak stunting usia 1-5 tahun Di Desa Buraen. Metode : Penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan jumlah sampel yang di ambil sebanyak 69 responden dengan menggunakan kuesioner, yang dilakukan pada bulan Mei hingga Juni tahun 2023. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada 69 orang anak di Desa Buaren di dapatkan hasil yaitu gambaran perkembangan anak stunting usia 1-5 tahun di Desa Buraen usia perkembangan anak pada penelitian ini yang paling tinggi yaitu dalam kategori perkembangan anak meragukan sebanyak 40 anak (58,0%), diikuti dengan kemungkinan ada penyimpangan sebanyak 21 anak (30,4%) dan perkembangan anak sesuai sebanyak 8 anak (11,6%). Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 69 anak usia 1-5 tahun di Desa Buraen, didapatkan gambaran perkembangan anak stunting tidak sesuai dengan usianya karena terdapat 40 anak dengan kategori meragukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Anak, Stunting
Subjects: R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 11:38
Last Modified: 12 Sep 2023 11:39
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item View Item