Pengaruh Edukasi Tentang Bantuan Hidup Dasar Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa SMAN 10 Kota Kupang

Caturing Ayu Suryaningsih Pali, PO 530321119213 (2023) Pengaruh Edukasi Tentang Bantuan Hidup Dasar Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa SMAN 10 Kota Kupang. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.

[img] Text
Caturing Ayu S. Pali-Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Henti jantung merupakan salah satu kasus yang mengancam nyawa seseorang dan berakibat kematian apabila lama dalam pertolongan. Hal ini menunjukkan pentingnya keterampilan dan pengetahuan untuk memberikan bantuan hidup dasar secara cepat dan tepat, terutama kepada masyarakat awam. Tujuan penilitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi tentang bantuan hidup dasar menggunakan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan siswa SMAN 10 Kota Kupang. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain pre-experimental one group pre-post test design. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan jumlah 78 responden, instrumennya adalah kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon signed test. Hasil: Mayoritas tingkat pengetahuan sebelum edukasi adalah kurang sebanyak 53 responden (67,9%), dan setelah edukasi adalah baik sebanyak 60 responden (76,9%). Hasil uji statistik menggunakan uji wilcoxon diperoleh p-value 0,000. Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi tentang bantuan hidup dasar menggunakan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan siswa SMAN 10 Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Bantuan hidup dasar, Media Audio Visual, Pengetahuan, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Jurusan Keperawatan
Jurusan Keperawatan
Depositing User: Mrs. Yosefina Kalasansia Watu
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:38
Last Modified: 26 Sep 2023 08:38
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/4734

Actions (login required)

View Item View Item