Pengaruh Edukasi 5 Tugas Keluarga Dengan Anggota Keluarga Yang Mengalami Isolasi Sosial Di Wilayah Kerja Puskesmas Alak

Dominikus Naiheli, PO5303201211334 (2024) Pengaruh Edukasi 5 Tugas Keluarga Dengan Anggota Keluarga Yang Mengalami Isolasi Sosial Di Wilayah Kerja Puskesmas Alak. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES KUPANG.

[img] Text
HAMALAN DEPAN DOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1 DOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 DOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 DOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 DOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 DOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN CETAK DOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Keluarga yang merawat anggota keluargadengan gangguan jiwa bisa menimbulkan masalah psikososial atau kesehatan jiwa karena merasa terbebani, kehilangan harapan, dan khawatir. Peran keluarga sangat penting dalam proses pemulihan, namun banyak keluarga belum memiliki pengetahuan dalam menangani anggota keluarga dengan gangguan jiwa, untuk itu edukasi peran keluarga sangat penting dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi 5 tugas keluarga dalam merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa dikomunitas di wilayah kerja Puskesmas Alak. Metode: Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif (Studi Kasus). Sampel penelitian ini berjumlah 1 keluarga. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Analisa data yang digunakan dengan menarik hasil wawancara dan observasi yang dinarasikan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan edukasi, terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan keluarga dalam melaksanakan 5 tugas keluarga. Keluarga menerima edukasi, melaporkan peningkatan dukungan emosional, perawatan yang lebih baik, dan komunikasi yang lebih efektif. Hal ini berdampak positif pada kesejahteraan anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa, termasuk penurunan tingkat stress dan peningkatan kualitas hubungan keluarga. Kesimpulan: Edukasi tentang 5 tugas keluarga memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kualitas dukungan keluagauntuk anggota dengan gangguan jiwa. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan keluarga dalam menangani gangguan jiwa tetapi juga memperbaiki dinamika keluarga secara keseluruhan. Saran: Karya Tulis Ilmiah ini mampu memberikan informasi tentang pengaruh edukasi 5 tugas keluarga dengan anggota keluarga yang mengalami isolasi sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Isolasi Sosial, 5 Tugas Keluarga, Edukasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Program Studi DIII Keperawatan
Program Studi DIII Keperawatan
Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: Dominikus Naiheli
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:10
Last Modified: 03 Oct 2024 04:10
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item View Item