Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Bakunase

Maria Alicia Angelica Se, PO5303204210967 (2024) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Bakunase. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.

[img] Text
KTI MARIA SE-FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien menjadi bagian yang integral dan menyeluruh dari kegiatan jaminan mutu pelayanan kesehatan. Konsekuensi dari pola pikir yang demikian adalah dimensi kepuasan pasien menjadi salah satu dimensi mutu pelayanan kesehatan yang penting. Ketidakpuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain seperti kurangnya komunikasi, krisis waktu, kualitas produk atau jasa, kualitas atau mutu pelayanan, harga, dan biaya. Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat terpenuhinya kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap asuhan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi yang baik dengan pemanfaatan sumber daya yang wajar, efisien, efektif dalam keterbatasan kemampuan pemerintah dan masyarakat, serta diselenggarakan secara aman dan memuaskan pelanggan sesuai dengan norma dan etika yang baik. Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Bakunase. Metode: Penelitian deskriptif, dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 61 orang. Alat ukur dalam penelitian ini adalah format kuisioner yang berisi 36 pertanyaan mengenai mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Hasil: Mutu pelayanan dimensi Bukti Fisik (53,6%), dimensi Kehandalan (52,4%), dimensi Daya Tanggap (50,8%), dimensi Empati (54,4%), dimensi Jaminan (51,6%). Kepuasan pasien dimensi Bukti Fisik ( 63,3%), dimensi Kehandalan (61,8%), dimensi Daya Tanggap (65%), dimensi Empati (66,1%), dimensi Jaminan (69,2%). Kesimpulan: Berdasarkan data hasil penelitian yang didapatkan pada pasien yang berkunjung ke Poli Gigi Puskesmas Bakunase, maka dapat disimpulkan bahwa Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Bakunase dari setiap dimensi dikategorikan sangat baik sedangkan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Di Puskesmas Bakunase diukur dari setiap dimensi dikategorikan puas terhadap pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut yang diterima oleh pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Kesehatan Gigi dan Mulut, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi
Jurusan Keperawatan Gigi
Jurusan Keperawatan Gigi
Depositing User: Mrs. Yosefina Kalasansia Watu
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:29
Last Modified: 15 Sep 2025 02:29
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item