Model Health Education Nola J. Pender Menggunakan Tb Calender Untuk Meningkatkan Pencegahan Penularan Dan Kepatuhan Terhadap Pengobatan Pada Pasien Tb Paru Di Wilayah Puskesmas Puu Weri Kabupaten Sumba Barat

Delfiani Naut, PO5303212220370 (2025) Model Health Education Nola J. Pender Menggunakan Tb Calender Untuk Meningkatkan Pencegahan Penularan Dan Kepatuhan Terhadap Pengobatan Pada Pasien Tb Paru Di Wilayah Puskesmas Puu Weri Kabupaten Sumba Barat. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.

[img] Text
COVER_DEPAN.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA _.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN _.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang: Tuberkulosis paru (TB paru) merupakan penyakit infeksi menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia, termasuk di wilayah Nusa Tenggara Timur. Salah satu kendala utama dalam pengendalian TB paru adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pencegahan penularan dan kepatuhan terhadap pengobatan. Ketidakpatuhan ini dapat meningkatkan angka resistensi obat dan menurunkan tingkat kesembuhan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan edukatif yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan perilaku kesehatan pasien. Tujuan: Untuk menggambarkan penerapan model health education Nola J. Pender menggunakan TB Calendar dalam meningkatkan pencegahan penularan dan kepatuhan terhadap pengobatan pada pasien TB paru. Metode: Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan subjek pasien TB paru di Puskesmas Puu Weri. Intervensi dilakukan melalui penyuluhan kesehatan berdasarkan model Nola J. Pender dengan media TB Calendar. Edukasi mencakup pemahaman tentang pengobatan, pencegahan penularan, dan keterlibatan keluarga dalam perawatan pasien. Hasil: Penerapan model ini menunjukkan peningkatan pengetahuan pasien tentang TB paru, peningkatan kepatuhan terhadap minum obat dan kontrol rutin, serta perubahan perilaku keluarga dalam mendukung proses penyembuhan. Kesimpulan: Model Health Education Berdasarkan Teori Nola J. Pender efektif meningkatkan pencegahan penularan dan kepatuhan terhadap pengobatan TB paru. Penggunaan TB Calendar membantu pasien memahami jadwal dan tujuan pengobatan, serta memperkuat keterlibatan keluarga sebagai pendukung utama dalam proses pemulihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TB Paru, Nola J. Pender, TB Calendar, Kepatuhan Pengobatan, Pencegahan Penularan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi DIII Keperawatan Waikabubak
Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Waikabubak
Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Waikabubak
Depositing User: Mrs Delfiani Naut
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:26
Last Modified: 18 Sep 2025 03:26
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/8513

Actions (login required)

View Item View Item