Perilaku Menggosok Gigi Pada Anakusia Sekolah Dasar (Studi Literature)

Baco, Jenap (2020) Perilaku Menggosok Gigi Pada Anakusia Sekolah Dasar (Studi Literature). Diploma thesis, Poltekes Kemenkes Kupang.

[img] Text
JENAP BACO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sering diabaikanoleh banyak orang, padahal kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan oleh kesehatan secara umum. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut adalah tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini menyebabkan kesehatan secara individu kurang diperhatikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan tindakan kesehatan gigi dan mulut terhadap status kebersihan mulut anak sekolah. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik, rancangan penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Penelitian ini dilakukan pada pelajar dengan memberikan kuesioner yang berhubungan dengan pengetahuan, sikap dan tindakan kesehatan gigi dan mulut. Hasil: Responden yang diteliti berjumlah 97 orang. Sebanyak 96 orang (98,96%) responden memiliki tingkat pengetahuan baik dan 1 orang (1,03%) sedang. Sebanyak 95 orang (97,93%) memiliki sikap yang baik, 2 orang (2,06%) bersikap sedang. Sedangkan 76 orang (78,35%) memiliki tindakan yang baik dan 21 orang (21,65%) sedang. Kesimpulan: terdapat hubungan yang bermakna antara tindakan dan status kebersihan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Menggosok Gigi Anak Usia Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi
Jurusan Keperawatan Gigi
Jurusan Keperawatan Gigi
Depositing User: Mrs. Yosefina Kalasansia Watu
Date Deposited: 21 Sep 2020 01:10
Last Modified: 21 Sep 2020 01:10
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item