Febi Ga, PO.530333219312 (2022) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Alak Kota Kupang. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.
Text
KTI FEBI GA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang menyatakan hasil perbandingan atas kinerja atau produk dan jasa yang diterima dan yang diharapkan. Pelayanan yang baik di suatu puskesmas dapat memberikan kepuasan kepada pasien apabila hasil yang diharapakan pasien sama atau melebihi harapan, sedangkan ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh tidak sesuai dengan harapannya. Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan yang bertanggung jawab pada pasien yang berhubungan dengan sediaan farmasi, dengan tujuan mencapai hasilyang pasti untuk meningkakan mutu kehidupan pasien. Tujuan dari Penelitian adalah untuk menilai kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan 5 dimensi ketanggapan, kehandalan, jaminan, empati, dan penampilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien yang berkunjung kepuskesmas Alak Kota Kupang. Sampel penelitian diambil yaitu sebanyak 88 orang. Hasil penelitian tentang gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Alak Kota Kupang menunjukan bahwa dimensi kehandalan(82,64%) dengan kategori sangat puas, dimensi ketanggapan (82,32%) dengan kategori sangat puas, dimensi jaminan (81,68%) dengan kategori sangat puas, dimensi empati (81%) dengan kategori sangat puas, dan dimensi penampilan (81,64%) dengan kategori sangat puas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gambaran tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Alak Kota Kupang berada dalam kategori sangat puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas |
Subjects: | R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology |
Divisions: | Jurusan Farmasi Jurusan Farmasi |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 02:02 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 05:27 |
URI: | http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/3595 |
Actions (login required)
View Item |