Kristiany, Fanny (2018) Kualitas Pelayanan Resep Obat Pasien Umum Rawat Jalan Berdasarkan Waktu Tunggu Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Ende Bulan Juni 2018. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Kupang.
Text
FANNY KRISTIANY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Mutu pelayanan farmasi dapat diukur dengan berbagai indikator antara lain waktu tunggu pelayanan resep pasien umum rawat jalan dimana pasien umum rawat jalan mengalami peningkatan tiap tahunnya. Selain harus melalui proses pembayaran, peningkatan jumlah pasien umum rawat jalan mempengaruhi lamanya waktu tunggu pelayanan yang berdampak pada kualitas pelayanan farmasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur waktu tunggu pelayanan resep obat pasien umum rawat jalan berdasarkan jenis resep racikan dan non racikan serta berdasarkan jumlah item obat dalam tiap lembar resep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observatif. Dari data penelitian diperoleh rata–rata waktu tunggu untuk jenis resep racikan adalah 41,62 menit dan resep non racikan adalah 20,20 menit. Resep dengan jumlah item terkecil yaitu 1 item memiliki rata–rata waktu tunggu 15,89 menit dan resep dengan jumlah item terbesar yaitu 8 item memiliki rata–rata waktu tunggu 55 menit. Dari hasil di atas disimpulkan bahwa rata–rata waktu tunggu pasien umum rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Ende telah sesuai standar pelayanan minimal rumah sakit berdasarkan Kepmenkes No.129 Tahun 2008.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Waktu tunggu, Resep Obat Racikan, Resep Obat Non Racikan |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Mrs. Yosefina Kalasansia Watu |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 01:58 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 01:59 |
URI: | http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/362 |
Actions (login required)
View Item |