Santriani Biba Jawa, PO5303241210224 (2024) Hubungan Pelayanan Gizi Dan Kualitas Makanan Dengan Kepuasan Pasien Di RSUD. Prof. Dr. W Z Johannes Kupang. Diploma thesis, Poltekes Kemenkes Kupang.
![]() |
Text
COVER_ SANTRIANI BIBA JAWA.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB I_ SANTRIANI BIBA JAWA.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB II_ SANTRIANI BIBA JAWA.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB III_ SANTRIANI BIBA JAWA.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB IV_ SANTRIANI BIBA JAWA.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB V_ SANTRIANI BIBA JAWA.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ SANTRIANI BIBA JAWA.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_SANTRIANI BIBA JAWA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Santriani Biba Jawa “Hubungan Pelayanan Gizi dan Kualitas Makanan Dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang” Di Bimbing Oleh Astuti Nur, S.Gz, M.Kes. Latar belakang: Pemberian makanan di klinik adalah pemberian makanan yang diberikan dan disesuaikan dengan kondisi pasien berdasarkan keadaan klinis, status kesehatan, dan pencernaan tubuh. Sasaran mutu makanan adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satu metode yang paling efisien untuk mempertahankan standar perawatan tinggi yang diberikan oleh rumah sakit adalah dengan berfokus pada kesejahteraan pasien. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan pelayanan gizi dan kualitas makanan dengan kepuasan pasien Di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan dengan survey analitik dengan rancangan “cross sectional study” Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode total sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Total sampel adalah 50 orang. Penelitian dilaksanakan di ruang rawat inap RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang pada bulan Mei 2024. Hasil: hasil penelitian secara univariat menunjukan bahwa sikap petugas paling banyak dengan kategori tanggap yaitu 43 orang (86,0%). Ketepatan pemberian makan dengan kategori baik yaitu 43 orang (86,0%). Kualitas makanan paling banyak dengan kategori baik sebanyak 34 orang (68,0%). Berdasarkan hasil analisis variabel yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien adalah ketepatan pemberian makan malam (p-value = 0,000), rasa makanan (p-value= 0,00), aroma makanan (p-value= 0,000), warna makanan (p-value= 0,00), sedangkan variabel yang tidak memiliki hubungan dengan kepuasan pasien adalah tekstur makanan (p-value=1,00), peralatan (p-value=1,00), ketepatan waktu pemberian snack sore (p-value=1,00). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang sangat besar dengan kepuasan pasien, khususnya ketepatan pemberian makan (nilai p = 0,000), rasa makanan (nilai p = 0,00), aroma makanan (nilai p = 0,000), warna makanan (nilai p = 0,00).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan gizi, waktu pemberian makan, sikap petugas, peralatan, kualitas makanan, kepuasan pasien. |
Subjects: | Q Science > QK Botany R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Jurusan Gizi > Gizi Jurusan Gizi > Gizi Gizi |
Depositing User: | santriani jawa |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:53 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:53 |
URI: | http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/5545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |