Yefirsan G.T. Nomleni, PO5303330220308 (2025) Efektivitas Media Pembelajaran Tentang Pengelolaan Sampah pada Siswa Sekolah Dasar Inpres Liliba Tahun 2025. Diploma thesis, Prodi D3 Sanitasi.
![]() |
Text
COVER TUGAS_AKHIR_YEFIRSAN.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text
BAB 1 TUGAS_AKHIR_YEFIRSAN.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB 2 TUGAS_AKHIR_YEFIRSAN.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB 3 TUGAS_AKHIR_YEFIRSAN.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB 4 TUGAS_AKHIR_YEFIRSAN G.T..pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
BAB 5 TUGAS_AKHIR_YEFIRSAN.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka firsan 1.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN TUGAS_AKHIR_YEFIRSAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sekolah menjadi tempat dimana pengetahuan akan pedulinya lingkungan harus ditata sejak masih dini. Masalah sampah masih menjadi isu penting di lingkungan sekolah, termasuk di SD Inpres Liliba, yang telah memiliki fasilitas tempat sampah namun belum menunjukkan perilaku pengelolaan sampah yang optimal dari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran tentang pengelolaan sampah pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk menggambarkan tentang efektivitas media pembelajaran tentang pengelolaan sampah pada siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa dan sampel yaitu 71 siswa Sekolah Dasar Inpres Liliba. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriftif serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Inpres Liliba di Kelurahan Liliba menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pengetahuan siswa setelah diberikan pembelajaran dengan media pembelajaran. Media video menunjukkan peningkatan pengetahuan sebesar 50% dengan kategori sangat baik, media power point sebesar 35% dengan kategori sangat baik, dan media poster sebesar 59% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini poster terbukti sebagai media paling efektif karena dapat dilihat terus-menerus dan memperkuat pengulangan pesan. Tindakan siswa juga menunjukkan perubahan positif setelah intervensi pembelajaran dilakukan. Disarankan kepada Sekolah sebaiknya mengunakan media yang interaktif untuk pembelajaran dalam hal ini media pembelajaran video, power poin, poster dan membiasakan memberikan pengetahuan secara dini tentang pengelolaan sampah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Siswa |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Jurusan Kesehatan Lingkungan > Kesehatan Lingkungan Jurusan Kesehatan Lingkungan > Kesehatan Lingkungan Jurusan Kesehatan Lingkungan > Kesehatan Lingkungan Kesehatan Lingkungan |
Depositing User: | Yefirsan G. T. Nomleni |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:18 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 02:18 |
URI: | http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/7258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |