Grace Viktoria Ina Perada, PO5303204220474 (2025) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa-Siswi Kelas IV Dan V DI UPTD SD Negeri 2 Baumata Timur. Diploma thesis, DIII Kesehatan Gigi.
![]() |
Text
COVER KTI.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text
Abstrak KTI.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB 1 KTI.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB II KTI.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB III KTI.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB IV KTI.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB V KTI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA KTI.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
Lampiran KTI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dalam tumbuh kembang anak yang berpengaruh terhadap kualitas hidup dan prestasi belajar. Guru memiliki peran strategis dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut siswa. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut siswa – siswi kelas IV dan V di UPTD SD Negeri 2 Baumata Timur. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV dan V yang hadir dan bersedia untuk dilakukan penelitian dengan menggunakan teknik total sampling serta wali kelas IV dan V dengan menggunakan teknik purposive sampling.Variabel bebas peran guru sebelum menyikat gigi dan peran guru sesudah menyikat gigi, variabel terikat tingkat kebersihan gigi dan mulut siswa-siswi kelas IV dan V . Teknik pengumpulan data melalui observasi dan pemeriksaan PHP-M. Hasil Penelitian: menunjukkan bahwa peran guru sebelum menyikat gigi memiliki kategori kurang dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut siswa-siswi sebanyak 20 responden (39,2%) dengan kategori buruk. Peran guru sesudah menyikat gigi memiliki kategori baik dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut sebanyak 33 responden (64,8%) dengan kategori baik. Tingkat kebersihan gigi dan mulut sebelum menyikat gigi sebanyak 37 responden dengan kriteria buruk. Tingkat kebersihan gigi dan mulut sesudah menyikat gigi sebanyak 33 responden (64,70%). Kesimpulan: Peran guru sebelum menyikat gigi memiliki kategori kurang dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut kategori buruk. Peran guru sesudah menyikat gigi memiliki kategori baik dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Kebersihan Gigi dan Mulut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > Gigi Jurusan Keperawatan Gigi > Gigi Jurusan Keperawatan Gigi > Gigi Gigi |
Depositing User: | Grace Viktoria Ina Perada |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 05:56 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:11 |
URI: | http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/7353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |