Peran Guru Dalam Meningkatkan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa-Siswi Kelas IV Dan V DI UPTD SD Negeri 2 Baumata Timur

Grace Viktoria Ina Perada, PO5303204220474 (2025) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa-Siswi Kelas IV Dan V DI UPTD SD Negeri 2 Baumata Timur. Diploma thesis, DIII Kesehatan Gigi.

[img] Text
COVER KTI.pdf

Download (695kB)
[img] Text
Abstrak KTI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 1 KTI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II KTI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III KTI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV KTI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB V KTI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KTI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Lampiran KTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dalam tumbuh kembang anak yang berpengaruh terhadap kualitas hidup dan prestasi belajar. Guru memiliki peran strategis dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut siswa. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut siswa – siswi kelas IV dan V di UPTD SD Negeri 2 Baumata Timur. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV dan V yang hadir dan bersedia untuk dilakukan penelitian dengan menggunakan teknik total sampling serta wali kelas IV dan V dengan menggunakan teknik purposive sampling.Variabel bebas peran guru sebelum menyikat gigi dan peran guru sesudah menyikat gigi, variabel terikat tingkat kebersihan gigi dan mulut siswa-siswi kelas IV dan V . Teknik pengumpulan data melalui observasi dan pemeriksaan PHP-M. Hasil Penelitian: menunjukkan bahwa peran guru sebelum menyikat gigi memiliki kategori kurang dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut siswa-siswi sebanyak 20 responden (39,2%) dengan kategori buruk. Peran guru sesudah menyikat gigi memiliki kategori baik dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut sebanyak 33 responden (64,8%) dengan kategori baik. Tingkat kebersihan gigi dan mulut sebelum menyikat gigi sebanyak 37 responden dengan kriteria buruk. Tingkat kebersihan gigi dan mulut sesudah menyikat gigi sebanyak 33 responden (64,70%). Kesimpulan: Peran guru sebelum menyikat gigi memiliki kategori kurang dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut kategori buruk. Peran guru sesudah menyikat gigi memiliki kategori baik dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Kebersihan Gigi dan Mulut
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > Gigi
Jurusan Keperawatan Gigi > Gigi
Jurusan Keperawatan Gigi > Gigi
Gigi
Depositing User: Grace Viktoria Ina Perada
Date Deposited: 28 Jul 2025 05:56
Last Modified: 29 Jul 2025 08:11
URI: http://repository.poltekeskupang.ac.id/id/eprint/7353

Actions (login required)

View Item View Item